Home » » Dengan Modal Sosial kiranya Jokowi dapat Benahi Masalah di Papua

Dengan Modal Sosial kiranya Jokowi dapat Benahi Masalah di Papua

Kemenangan Jokowi dua kali di Papua bukti adalah bukti Modal Sosial
Jakarta (TagarBogor) – Presiden Jokowi memiliki modal sosial yang cukup kuat, untuk menyelesaikan masalah di Papua. Modal sosial seperti itu dulu juga dimiliki oleh almarhum Presiden KH Abdurrahman Wahid. 

Demikian dikatakan pendiri AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Satrio Arismunandar, dalam diskusi Merajut Kembali Kebhinnekaan Kita yang Mulai Terkoyak di Café Tji Liwoeng, Jakarta, Jumat (23/8). Satrio menanggapi pembicara: staf konsultan politik Denny JA, pengajar STF Driyarkara Dr. Rinno dan dosen FISIP UI Prof. Dr. Sudarsono Hardjosoekarto.

Menurutnya, modal sosial terkuat Jokowi adalah dipercaya oleh mayoritas masyarakat Papua dalam pemilihan Presiden di 2014 dan 2019. “Jokowi termasuk Presiden yang paling sering berkunjung ke sejumlah daerah di Papua dibanding presiden sebelumnya,” jelas Satrio.

Nah, menciptakan perdamaian di Papua, masing-masing pihak harus memiki kepercayaan (trust) terhadap yang lain. Trust ini dalam teori penyelesaian konflik dibangun secara bertahap, melalui confidence building measures, langkah-langkah membangun kepercayaan. Namun, Satrio mengingatkan, jangan langsung menghakimi sebagai kegagalan, jika dalam proses itu ada naik-turunnya. Itu adalah hal wajar (ma). TI Network

Thanks for reading & sharing Tagar Bogor

Previous
« Prev Post

#Bogor - Peduli Bogor

Populer