Home » » Taman Kencana Bogor

Taman Kencana Bogor

Bogor, (d'MonitorBogor) - Van Imhoff Plein atau Van Imhoff Square adalah nama aslinya dari Taman Kencana Bogor, saat Bogor masih bernama Buitenzorg, atau sekitar tahun 1917 an.
'
Taman ini awalnya diperuntukan warga Eropa yang tinggal di Buitenzorg saat itu. Olehkarenanya jika Sobat melihat bangunan di sekitar area ini yang masih memakai arsitektur gaya Indo-Eropa, atau arsitektur perpaduan Indonesia dan Eropa. Arsitektur dari bangunan ini kemiripan dari atapnya, yang memiliki kemiringan hingga 35 derajat, yang bertujuan untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi di Bogor.

Karsten sebagai cikal bakal pendesain bangunan dikawasan ini, memiliki rencana untuk membuat sebuah taman sebagai sarana rekreasi, dan  ruang terbuka hijau, yang kemudian direalisasikan oleh  Pemerintah Belanda pada tahun 1926-1930 an. Kemudian taman ini dinamakan dengan nama pendiri Buitenzorg (Istana Bogor), yakni Baron Von Imhoff, atau lebih dikenal dengan nama Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square.

Nama Taman Kencana terjadi setelah kemerdekaan Indonesia, dimana pemerintah mengubahnya. Perubahan yang drastis di seputaran taman ini, dikarenakan banyaknya pemanfaatan bangunan untuk untuk tempat usaha, sehingga merubah struktur bangunan yang khas. (EW) | Foto : Istimewa

Thanks for reading & sharing Tagar Bogor

Previous
« Prev Post

#Bogor - Peduli Bogor

Populer