Home » » Kopi Kong Djie: Kopi Sepanjang Massa

Kopi Kong Djie: Kopi Sepanjang Massa

Belitung (#Bogor- Indonesia bisa disebut “raja” nya produsen kopi dunia. Berbagai aneka rasa kopi ada di sini. Salah satunya adalah kedai kopi legendaris Kong Djie. Kedai Kopi ini didirikan oleh warga Tionghoa bernama Ho Kong Djie, dari Bangka yang merantau ke Belitung pada 1943.

“Dulu orang ngopi tidak mengenal jenis Robusta dan Arabica. Kopi semua telah di roasting. Jadi tidak menimbulkan perbedaan. Baru beberapa tahun belakangan saja orang mulai mengerti jenis dan varian kopi,” ungkap Ismed, generasi kedua pemilik kedai kopi Kong Djie, yang berada di Simpang Siburik, Jl. Jalan Gegedek, Tanjung Pandan, Belitung (17/11).

“Banyak hal dari jaman Ayah saya terbawa ke masa sekarang dimana jaman itu susu menjadi barang yang mahal dan mewah,” tambahnya. Secara bisnis, secangkir kopi susu lebih menguntungkan. Justru lebih mahal Kopi Espresso daripada Kopi Susu. Sebab, espresso adalah ekstrak kopi. Setengah dari kopi espresso ditambah setengah air panas menjadi kopi O. Kemudian dari setengah kopi espresso ditambah susu dan setengah air panas menjadi kopi susu.

“Kedai kopi ini dijalankan apa adanya. Tanpa visi. Hanya untuk bertahan hidup. Akan tetapi sekarang kedai kopi Kong Djie, sangat bersyukur, sebab mampu memberikan penghidupan, dan gaya hidup bagi yang mencecap secangkir kopi,” aku Ismed Holidi (ft/rm). | Foto: Fatur | Sumber : Jaringan TI

Thanks for reading & sharing Tagar Bogor

Previous
« Prev Post

#Bogor - Peduli Bogor

Populer