Home » » MotoGP 2021 Bakal Gairahkan Sektor Pariwisata dan Perekonomian NTB

MotoGP 2021 Bakal Gairahkan Sektor Pariwisata dan Perekonomian NTB

Kemenko Maritim dan Investasi rapatkan segala persiapan even MotoGP 2021
Jakarta (#Bogor) - “Kemenko Marves akan mendukung penyelesaian pembangunan Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, sirkuit jalan raya untuk MotoGP pertama di dunia, dan penyiapan infrastruktur pendukung di kawasan pariwisata yang termasuk ke dalam lima destinasi super prioritas tersebut,” ujar Menko Maritim dan Investasi/Marves Luhut B. Panjaitan di Jakarta (29/1).

Pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat/NTB dikerjakan melalui sinergi BUMN sehingga proyek nasional ini dapat memberi kontribusi positif bagi perekonomian, khususnya sektor pariwisata Indonesia dan Nusa Tenggara Barat khususnya. Pekerjaan tanah dan perbaikan tanah dasar sirkuit dilakukan oleh KSO Wijaya Karya (Persero) Tbk – Bunga Raya Lestari (WIKA-BRL), sementara struktur perkerasan lentur oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor, dan dipantau langsung MRK1 Consulting sebagai desainer sirkuit Mandalika serta secara periodik akan ditinjau FIM sebagai pengampu penyelenggaraan MotoGP di dunia.

Sementara dukungan dari Pemerintah melalui Kementerian dan BUMN, antara lain Kementerian PUPR menyiapkan pembangunan akses jalan langsung/bypass sepanjang 17,39 KM dengan _Right of Way_ (ROW) jalan selebar 50 meter dari Lombok International Airport (LIA) ke The Mandalika , penambahan panjang lintasan _runway_, _upgrade_ kargo dan aksesibilitas, ekspansi apron dan pelebaran _taxiway_ serta kegiatan promosi di Lombok International Airport (LIA) dilakukan oleh Angkasa Pura I, DAMRI melakukan pengembangan fasilitas kargo dan cruise oleh Pelindo III dan ASDP, serta pembukaan rute baru bus yang melayani sejumlah wilayah di Lombok menuju The Mandalika.

MGPA telah membuka Pre-booking tiket tahap pertama sejak 20 Januari 2020 yang melepas 10.000 tiket melalui situs MGPA (www.themandalikagp.com). Melalui pre-booking ini, para peminat bisa mendapatkan slot tiket lebih awal dan memilih kelas. Selain untuk mengakomodir antusiasme superfans MotoGP di Indonesia, kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk melihat gambaran terkait demand dari calon penonton MotoGP Indonesia. Dengan demikian MGPA dapat mempersiapkan kebutuhan transportasi, akomodasi dan industri pendukung lainnya dalam menyambut gelaran event MotoGP Indonesia 2021.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyebut, “animo yang besar dari penggemar MotoGP di Indonesia memberikan optimisme dan dorongan kuat bagi kami untuk memastikan MotoGP Indonesia dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan komitmen kami dalam mendukung Pemerintah mewujudkan sektor pariwisata sebagai industri unggulan nasional melalui pengembangan kawasan dan atraksi pariwisata kelas dunia.”

Dalam persiapan penyelenggaraan MotoGP Indonesia di The Mandalika, MGPA juga melibatkan UMKM dan masyarakat sekitar -utamanya Lombok- dalam menyiapkan produk-produk lokal yang dijual sebelum event, melalui sistem _e-commerce_ maupun saat event berlangsung. Selain itu, MGPA juga sudah melaksanakan program _coaching clinic_ oleh Dyan Dilato seorang juri kenamaan, dan ini perdana di Lombok, yang akan dilanjutkan di beberapa kota lain. MGPA dalam waktu dekat akan memulai pelatihan marshall bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (dh).

Thanks for reading & sharing #Bogor | Tagar Bogor

Previous
« Prev Post

#Bogor - Peduli Bogor

Populer