Home » » Lestarikan Kearifan Lokal Papua, TNI Bantu Warga Buat Perahu Tradisional

Lestarikan Kearifan Lokal Papua, TNI Bantu Warga Buat Perahu Tradisional

TNI bantu warga di perbatasan bikin perahu tradisional
Merauke  (#Bogor)  –  Guna ikut serta melestarikan kearifan lokal asli Papua, Tni dari Prajurit Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang tergabung Satgas Pamtas RI-PNG Pos Kondo membantu pembuatan perahu tradisional “kole-kole” milik warga Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Papua.


Mayor Inf Rizky Aditya, Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad menyampaikan, Papua merupakan pulau di ujung timur Indonesia yang penuh dengan tradisi unik dan istimewa, baik dari alat musik, budaya, tarian, cindera mata sampai dengan transportasi tradisional masyarakatnya, sehingga memiliki sebutan sebagai “Surga Kecil Jatuh Ke Bumi”.
Jadi, lanjut Dansatgas, sebagai prajurit TNI yang ditugaskan di perbatasan RI-PNG sektor selatan Kabupaten Merauke, Papua, personilnya disamping melaksanakan tugas pokok juga memiliki kegiatan teritorial seperti melestraikan kearifan lokal Papua. “Hal itu yang dilakukan oleh 5 orang personel Pos Kondo dipimpin Kopda Anto Prasetyawan, membantu warga membuat perahu tradisional (kole-kole) sebagai transportasi tradisional masyarakat Kondo untuk mecari ikan,” jelas Rizky.
Ditambahkan Rizky, kegiatan tersebut juga untuk melestarikan budaya kearifan lokal Papua. Disamping itu, untuk menjalin keakraban dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Suku Kanum menjelang purna tugas yang sebentar lagi akan berakhir (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan Berita #Bogor | Berita Tagar Bogor

Previous
« Prev Post

Berita Tagar Bogor

Populer